Jumat, 23 Mei 2014

contoh laporan prakerin





LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI TOTOK PUSAT MEDIA

Laporan ini dibuat untuk memenuhi
Salah satu tugas di SMK TERUNA JAYA 1







Disusun Oleh :
                                                           


Nama                              :
RASYID  
NIS                                 :
5031
Bidang Studi Keahlian   :
MULTIMEDIA




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
SMK TERUNA JAYA 1
MULTIMEDIA
2013/2014









PERSEMBAHAN

     Dengan Laporan Praktik Industri penulis dapat banyak pengalaman yang tidak akan terlupakan dan banyak bantuan daripihak baik, yang berupa moral maupun material,
oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih serta laporan ini penyusun persembahkan kepada :
1.      Bapak Drs.Wiyadi selaku kepala sekolah SMK TERUNA JAYA
2.      Bapak BRATA  NUGRAHA selaku pimpinan Totok Pusat Media
3.      Bapak AGUS selaku pembimbing Praktik Kerja Industri.
4.      Bapak.SUPATER MURBOPRIHADI spd selaku guru pembimbing.
5.      Orang tua Penulis  yang selalu memberi dukungan Praktik Kerja Industri.
6.      Para karyawan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang senantiasa membantu dan membimbing saya selama kegiatan Praktek kerja Industri.
Teman-teman Siswa Kelas XI ( Sebelas) SMK TERUNA JAYA













HALAMAN PENGESAHAN

Telah disahkan dan disetujui laporan praktek kerja industri  di Totok Pusat Media pada :
Hari                                        : .................................
Tanggal                      : .................................
Yang mengesahkan   : .................................


Pembimbing Sekolah
           
                                   










Supater Murboprihadi S.Pd
Pembimbing Industri












Pak Agus



Kepala Sekolah



Dr. WIYADI
NIP. 195908111987031009




MOTTO

1.      "Together We Build, Together We Can",    yang berarti "Bersama kita membangun, bersama kita pasti bisa" 
2.      Keberhasilan tidak akan tercapai tanpa ilmu pengetahuan
3.      Pendidikan adalah bekal untuk masa depan
4.      Kesuksesan adalah buah dari kerja keras
5.      Sekolah adalah jembatan untuk meraih cita cita
6.      Keramahan mengalahkan segalanya
7.      Contoh yang baik adalah nasehat yang terbaik

















KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena atas rahmat dan karunia-Nya , kami dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Prakerin Multimedia tahun 2014 tanpa ada halangan suatu apapun .
            Dan tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Drs.WIYADI selaku Kepala sekolah SMK 1 TERUNA JAYA, Pembimbing Sekolah dan Pembimbing Industri yang telah membimbing kami selama masa prakerin , serta pihak-pihak lain yang belum bisa kami sebutkan satu-persatu .
            Melalui laporan ini kami ingin membagi pengalaman kami selama melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di TOTOK B PUSAT  MEDIA, selama kurang lebih 3 bulan yaitu dimulai tanggal 3 Februari30 April 2014 .
            Kami mohon maaf bila sekiranya masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini . Kritik dan saran yang membangun dari Anda sangat kami harapkan . Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kegiatan semasa Prakerin .

Nglipar , April
Tim Penyusun


                                                                                                          Penyusun
                                                                                        



DAFTAR ISI
MOTTO......................................................…………………………………………………..
C.    WAKTU PELAKSANAAN.. 6
D.    BIDANG USAHA.. 7
E.    LINGKUP KEGIATAN.. 10
F.     SASARAN PASAR PENGGUNA.. 4
G.    KEUNGGULAN PRODUK.. 6
A.     Surat Pernyataan
B.     Daftar kegiatan siswa
C.     Daftar hadir siswa
D.     Tata tertib


BAB I

PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG
Latar belakang pelaksanaan Prakerin yaitu didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional, PP Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan Menengah, PP Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Keputusan Mendikbud Nomor : 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan, dan Keputusan Mendikbud Nomor 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK sebagai berikut: Penyelenggaraan Pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan di sekolah dan pendidikan di luar sekolah.
Oleh karena itu, khususnya untuk SMK diterapkan penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)/Dual Bassed Program. Dimana penerapan Dual Bassed Program dilakukan di dua tempat, yaitu:
1.      Di Sekolah
Dimana sekolah sebagai tempat mendapatkan pelajaran-pelajaran yang berupa teori-teori yang diikuti dengan praktek ecara tidak langsung dari teori-teori yang telah didapat dari sekolah.
2.      Di Dunia Usaha/Dunia Industri
Yaitu sebagai tempat menerapkan teori-teori yang telah didapat di sekolah dan sebagai praktek secara langsung

Selain itu pelaksanaan PRAKERIN juga didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.    Pendidikan berbasis luas yang lebih berorientasi life skill (BBC/Board Based Curiculum)
Pada prinsip ini siswa diharapkan agar setelah lulus dari SMK mempunyai keterampilan  selain menguasai pelajaran-pelajaran formal di sekolah. Life skill ini sangat berfungsi sebagai unsure penunjang dalam bekerja ataupun berwirausaha, atau dapat pula sebagai alternative kedua bagi siswa yang tidak dapat bekerja sesuai dengan keahlian yang diteknuni di sekolah.
2.    Berbasis Kompetensi (Competency Based Curiculum/CBC )
Lulusan SMK diharapkan tidak sekedar lulus dan mendapat ijazah saja, tetapi lebih ditekankan pada penciptaan tingkat kompetensi sesuai dengan bidang keahlian masingmasing sehingga  mampu mengerjakan pekerjaan Dunia Usaha/Dunia Industri.
3.    Sistem Pembelajaran Tuntas ( Mastery Learning  / ML )
Dimaksudkan dalam mendalami suatu pelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah tidak hanya setengah-setengah tetapi benar-benar sepenuhnya sehingga dapat menguasai apa yang dipelajari secara tuntas.
Maksudnya untuk siswa SMK proses pembelajaran tifak hanya di sekolah saja, akan tetapi juga perlu diadakan di Dunia Usaha / Dunia Indutri. Karena dengan diadakan

4.    Program yang Berbasis pada Dua Tempat
pembelajara Dunia Usaha / Dunia Industri siswa dapat menerapkan pelajaran-pelajaran yang telah didapat di sekolah secara langsung.
Jadi  dengan diadakan Praktek Kerja Industri ini di haraokan siswa dapat menguasai dan menyusaikan pelajaran-pelajaran yang didapat di sekolah karena dapat mempraktekan teori-teori di sekolah di DU/DI.

B.     TUJUAN PRAKERIN
Praktek  Kerja  Industri  (  PRAKERIN  )  ditunjukan  untuk  membentuk  supaya    memiliki  professional  kerja  antara  lain  :
1.      Meningkatkan,  memperluas  dan  menetapkan  keterampilan yang  membentuk  kemampuan  siswa sebagai  bekal  untuk  memasuki  lapangan  kerja  yang  sesuai  dengan  program  keahlian  dan  disiplin  ilmunya.
2.      Menumbuh  kembangkan  dan  memanfaatkan  siswa professional  yang  diperlukan  siswa  untuk  memasuki  lapangan  kerja  sesuai dengan  bidangnya.
3.      Meningkatkan  pengalaman  siswa  pada aspek-aspek  usaha  yang  potensial  dalam  lapangan kerja antara  lain  :  Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang  Karir, dan  Menengah  Usaha.
4.      Memberikan kesempatan  pada siswa  untuk  memasyarakatkan  diri pada  sesuatu  atau  iklim  lingkungan  kerja  yang  sebenarnya, baik  sebagai  pekerja,  sebagai  penerima  upah  maupun  sebagai  pekerja  mandiri,  terutama  yang berkenaan dengan disiplin  kerja.
5.      Meningkatkan,  memperluas  dan  memantapkan  proses  peyerapan  teknologi  baru  dari  lapangan  ke  sekolah  dan  sebaliknya.
6.      Memperoleh  masukan  dan  upah  baik  untuk  memperbaiki  dan  mengembangkan  kesesuaian  pendidikan  kejuruan.
7.      Menjalin kerjasama  dengan  dunia  usaha  secara  institusional untuk memberikan  peluang  masuk  dan  ditempatkannya alumni.



C.MANFAAT
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teruna Jaya Gunungkidul dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
  2. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
  3. Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
D.METODE PENGUMPULAN DATA

Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut :

1.       Metode Observasi (Pengamatan)
Dalam memperoleh data penulis mengadakan observasi / pengamatan langsung ditempat Praktek Kerja guna mendapatkan  data yang benar-benar baik dan valid dalam penyusunan laporan.
2.       Metode Interview
Yaitu metode penelitian dengan cara mengadakan wawancara atau tanya jawab secara  langsung dengan sumber data/reponden.
3.       Sistematika Laporan
Yaitu metode mengumpulkan data dengan jalan mengambil data dari buku-buku  atau catatan-catatan yang berhubungan dengan topik  untuk digunakan sebagai bahan data.
  1.      Study Literatur
Yaitu mencari informasi secara lebih lengkap yang berasal dari media buku, majalah, Koran dan media cetak lainnya yang berhubungan dengan obyek yang akan diteliti seperti metode pengumpulan data.
  1.      Kajian pustaka
Yaitu cara memperolehdata dengan menggunakan pengumpulan fakta yang berupa
Gambar dan bagan.penulis menggumpulkan data-data.yang ada di dalam perusahaan
Yang ada hubunganya denganpenyusunan laporan ini.



D.    MAKSUD PRAKERIN
PRAKERIN  adalah   suatu  kegiatan intrakulikuler  yang  dilaksanakan  oleh  para  siswa-siswi  Sekolah  Menegah  Kejuruan, melalui  penerjunan  langsung  ke  lingkungan  sosial  masyarakat untuk  belajar dikehidupan  masyarakat di tempat  PRAKERIN  dilaksanakan  dan  diharapkan  siswa-siswi  dapat  merealisasikan  hasil  yang  didapat  dibangku  sekolah, lingkungan  tempat PREKRIN  berlangsung  serta bersama-sama  masyarakat  melaksanakan  kegiatan  masyarakat  yang  direncanakan  oleh  pemerintah  dan  membantu  dengan kemampuan siswa-siswi  yang  bersangkutan  untuk  memecahkan  masalah  yang  dihadapi  oleh  masyarakat  dimana  tempat  siswa-siswi  melaksanakan  PRAKERINnya,  sehingga  dapat  dengan  mudah  yang telah  didapatkan dilapangan.

C.    SASARAN PRAKERIN
Sasaran  yang  ingin  dicapai  adalah  terbentuknya  pribadi  yang  memiliki  seperangkat  pengetahuan, keterampilan, nilai  dan  sikap  serta  pola  tingkah laku  yang diperlukan  bagi profesi  serta  cakap  dan  tepat  menggunakannya  dalam  penyelenggaraan  menejemen  perkantoran  baik  di  sekolah  maupun  di  luar  sekolah















BAB II
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

A.    INDENTITAS
Nama Perusahaan   : Totok Media Grafika
Alamat                    :Jl.Nglipar-Wonosari ,Jeruksari.Wonosari
Telp                          :087839428875

B.     SEJARAH
      Pada mulanya percetakan Totok pusat media  berdiri pada tahun 1995 dengan modal awal adalah 250.000 rupiah. Tapi karena keinginannya membentuk sebuah home industri yang bergerak dibidang multimedia. Akhirnya, beliau mendirikan  Totok Pusat Media
               Totok Pusat Media merupakan usaha dalam bidang jasa yang  melayani bermacam-macam peranan multimedia.  Totok Pusat Media didirikan pada Tahun 1995. Adanya software house editing dan keinginan untuk mengembangkan bakat maka didirikanlah Totok Pusat Media. Pada saat itu usaha ini masih sangat sederhana, yaitu melayani copy DVD/CD dan editing video. Editing masih dilakukan dengan alat-alat yang sederhana. Belum seperti sekarang ini dulu masih bekerja sendiri karena belum mempunyai karyawan. Awalnya usaha ini didirikan di mbudegan dan kemudian pindah ke jeruksari wonosari.pada tahun 1998 Totok Pusat Mediamulai dikenal oleh berbagai kalangan dengan  modal percaya diri dan tekat yang kuat sedikit demi sedikit telah berkembang dan mulai di percaya orang dan mulai mempunyai relasi dari berbagai tempat di wonosari untuk  melayani produksi –produksi yang berkaitan dengan multimedia audio video . Seperti: Dokumen-dokumen pribadi, pembuatan iklan, transfer video, editing video,penyutingan, cetak foto digital dll.pada tahun  2004 Totok Pusat Media mulai merambah dunia usaha fotografi










C.     WAKTU PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan prakerin selama 3  bulan dimulai dari tanggal 3 februari 2014 sampai 30 april 2014 
·     LOKASI  DAN WAKTU
Waktu  dan  tempat  kegiatanPraktek  Kerja  Industri  (  PRAKERIN  )  Siswa  atau siswi SMK TERUNA JAYA 1 GUNUNGKIDUL Khususnya  Saya, dilaksanakan  pada  :
Tanggal           :  03 Februari 2014 – 30 April 2014
Tempat            : TOTOK B MEDIA
Adapun jam kerja yang berlaku pada percetakan  totok media  adalah :
Hari  Senin – Kamis         :
Pukul 07:30 – 12:00 WIB (masuk)
Pukul 12:00 – 13:00 WIB (istirahat)
Pukul 13:00 – 16:00 WIB (pulang)
Hari  Jumat           :          
Pukul 07:00 – 12:00 WIB (masuk)
 Pukul 12:00 – 13:30 WIB (istrahat)
        Pukul 13:30 – 16:00 WIB (pulang)
        Hari  Sabtu          :                      
Pukul 07:00 – 12:00 WIB (masuk)
 Pukul 12:00 – 13:30 WIB (istrahat)
        Pukul 13:30 – 16:00 WIB (pulang)

            Hari  minggu      : LIBUR                        


D.     BIDANG USAHA
         Percetakan Totok Media merupakan Percetakan yang bergerak dibidang :
a.       Percetakan
b.      Design / Setting
c.       Photo Preweding
d.      Souvenir pernikahan atau perusahaan




X

 Persiapan Kegiatan
Persiapan yang harus dilakukan sebelum  memulai kegiatan di TOTOK PUSAT MEDIA ialah mempersiapkan peralatan yang akan kita pergunaakan, setelah kita melakukan persiapan itu barulah kita mulai bekerja. kita hanya harus menggunakan seragam sekolah yang telah di tentukan oleh TOTOK PUSAT MEDIA .urain kegiatan meliputi proses capturing,editing dan  rendering,

A.   Lingkup Kegiatan
1.      Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan prakerin selama tiga bulan yang dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama tanggal 1 Januari-2Februari 2014 di sekolah, gelombang kedua tanggal 3 februari – 30 april 2014 di lokasi prakerin.
2.      Lingkup Kegiatan
Kegiatan yang di lakukan selama Prakerin adalah :
a.       Pelayanan pelanggan yang datang
b.      Melaksakan pekerjaan
c.       Checking
Checking dilakukan untuk memeriksa hasil pekerjaan
d.      Finishing
Finishing merupakan tahap akhir dari sebuah produksi.

3.      Proses Kegiatan
Dalam membuat suatu produk, langkah awal yang dikerjakan adalah menentukan apa yang akan dikerjakan, misalnya ada pelanggan yang foto copy hal yang dilakukan adalah :
·         Memberikan pelayanan terhadap konsumen
·         Mengerjakan foto copy yang diinginkan oleh konsumen
·         Pengecekan hasil foto copy
·         Finishing hasil foto copy
·         Memberikan hasil foto copy kepada konsumen
Contoh pekerjaan lainya adalah cetak foto hal yang dilakukan adalah:
·       Memberikan pelayanan terhadap konsumen
·       Melakukan editing foto sesuai ukuran yang diinginkan oleh konsumen
·       Mengecek hasil cetakan foto
·       Finishing dari hasil cetakan foto
·       Memberikan hasil cetak foto kepada konsumen

B.   Sasaran Pasar Pengguna
Sasaran pasar pengguna dari Totok B Pusat  Media adalah semua lapisan masyarakat yang membutuhkan jasa Foto Copy, Foto Digital, Video shooting dan menyediakan alat tulis. Adapun Totok B Pusat  Media melayani:
a.       Foto preweding
b.      Cetak foto
c.       Foto Studio
d.      Foto & Video Panggilan
e.       Laminating
C.   Keunggulan dan Fungsi Produk yang Dimiliki Totok Media
Dalam bidang pelayanan, Totok B Pusat  Media bisa dibilang bagus. Karena Totok B Pusat  Media mengedepankan kepuasan konsumen, selain itu karyawan-karyawanya professional, ramah dan cekatan.
Sebelum di serahkan pada konsumen hasil pekerjaan dilihat hasilnya terlebih dahulu sehingga hasil akhirnya akan benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen.

D.   Bahan dan Alat
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bekerja di Totok B Pusat  Media adalah:
a.       Berbagai macam dan ukuran kertas undangan.
b.      Berbagai macam dan ukuran kertas foto
c.       Paper cutting
d.      Disc
e.       Tinta
f.       Lem
Sedangkan alat-alat yang dimiliki  adalah :
a.       Mesin kertas
b.      Kamera
c.       computer
d.      printer
e.       scanner
f.       Mesin pemotong kertas
g.      Mesin press/laminating
h.      stepler
i.        penggaris
j.        spidol
k.      cutter
l.        lakban
m.    gunting
n.      handset


BAB III

PENUTUP


A.        KESIMPULAN
Dengan tersusunnya laporan ini penyusun dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: Setelah kami melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di TOTOK PUSAT MEDIA, kami mendapatkan pelajaran yang berharga tentang segala aspek yang menjadi tanggung jawab seorang karyawan dalam suatu perusahaan. Dalam hal praktek di lapangan, kami juga dapat merasakan suka dan duka bekerja yang sebenarnya.
Kami juga membandingkan antara teori dan praktiknya sangat jauh berbeda antara di sekolah dan di perusahaan. Setelah kami simpulkan dari hasil PKL yang telah kami dapat di antaranya sebagai berikut:
a.       Dengan diadakannya PKL, siswa dapat mengetahui sedikit banyak tentang segala sesuatu mengenai dunia kerja,
b.      Dengan adanya PKL ini kami mendapatkan modal yang berharga untuk mengukur kemampuan kami dalam aspek-aspek kerja
c.       Kami jadi lebih mengerti mengerti bagaimana menyusun laporan PKL  maupun proposal pengajuan PKL.
d.      Melatih teori apa yang telah dilakukan dalam PKL, serta dapat bertanggung jawab dengan apa yang sudah dikerjakkan.
e.       Kami jadi lebih mengerti arti pentingnya kerja sama dalam melakukan pekerjaan.

 

B. Faktor Pendukung dan Penghambat
Factor pendukung:
v  Alat-alat yang ada di lokasi sudah mencukupi
v  Materi pembekalan yang diberikan di sekolah sudah dapat memperlancar jalanya prakerin
v  Adanya komunikasi yang baik dengan karyawan di lokasi prakerin
Factor penghambat:
v  Masa prakerin yang terlalu singkat sehingga belum mengenal lebih jauh tentang dunia industry yang sebenarnya
v  Kurangnya Karyawan




.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar